Implementasi Transfer Pembelajaran dalam Diklat

  • Riskha Nur Fitriyah

Abstract

Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana alumni diklat mengimplementasikan transfer pembelajaran dan kendala yang dihadapi dalam melakukan transfer pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan pada kondisi yang alamiah dan memberikan makna dan menguraikan bagaimana orang mengintepretasikan pengalamannya. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa transfer pembelajaran telah diimplementasikan oleh alumni diklat kepada teman sejawat (sesama guru) melalui kegiatan diseminasi RTL. Alumni melakukan sosialisasi hasil diklat kepada sesama rekan guru, baik sesama guru Mapel maupun sesama guru di lingkungan madrasah (MGMP tingkat madrasah), KKG/MGMP tingkat kecamatan sampai tingkat Kabupaten/Kota dengan jumlah peserta 5 sampai 50 guru. Beberapa kendala yang dihadapi alumni diklat dalam melakukan transfer pembelajaran melalui kegiatan diseminasi antara lain : adalah motivasi diri sendiri, dukungan dan komitment atasan (Kepala Madrasah), iklim dan lingkungan di madrasah serta perencanaan waktu kegiatan diseminasi yang kurang sesuai. Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu agar program pemberdayaan alumni mendapat perhatian dan dapat menjadi salah satu program prioritas, serta menjadi salah satu bahan untuk melakukan evaluasi evaluasi pasca diklat.

Published
2019-10-28